Kumpulan Cerita Inspirasi Pengusaha Sukses Dari Indonesia

Cerita Inspirasi Pengusaha memang menjadi cerita inspiratif untuk beberapa orang. Pada mereka kita dapat belajar jika kesuksesan sudah pasti tidak bisa dicapai dengan instant.

Seperti kata peribahasa, usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Makanya, jangan pernah menyerah dan tetap berusaha keras sampai keinginan mu terwujud.

Begitupun yang sudah dilakukan oleh para pebisnis di Indonesia yang perlu berusaha habis-habisan untuk membuat kerajaan usahanya, Karena beberapa miliarder pengusaha bukan berasal dari orang yang serba ada jadi, mereka harus berusaha keras untuk mendapatkan keinginan nya.

Ingin tahu Cerita Inspirasi Pengusaha yang dahulu bukan siapa – siapa, tetapi sekarang banyak memiliki usaha di Indonesia? Yok, baca ceritanya berikut ini.

Cerita Inspirasi Pengusaha

1. Bob Sadino – Kem Chicks

Bob Sadino memang dikenali sebagai salah satunya pebisnis yang sukses membuat usahanya dari 0. Walau beliau telah tinggalkan dunia semenjak 2015 lalu, tetapi figurnya masih jadi ide beberapa pebisnis.

Masalahnya pemilik nama komplet Bambang Mustari Sadino ini memulai usahanya dengan jual telur ayam negeri dari Situs Judi Slot Bet Kecil pintu ke pintu. Semua berawal saat Bob Sadino harus menelan pahit ketidakberhasilan usaha jasa rental mobil yang digerakkan karena dia alami kecelakaan.

Tetapi peristiwa itu tidak membuat pebisnis yang sama dengan style rileksnya itu berserah. Dia lalu memikulgkiakkan 50 ayam rasa yang didapat dari temannya untuk jadi usaha telur ayam negeri.

Karena usaha kerasnya, usaha yang dia lakukan juga raih kesuksesan. Tidak stop sampai disana, Bob mulai memasuki ke bisnis-bisnis yang lain yang mengantarkannya menjadi satu diantara pebisnis sukses di Indonesia.

Dijumpai jika Bob Sadino telah mempunyai beberapa perusahaan yakni Kem Chicks, Kem Food, Kem Farm dan The Mansion at Kemang.

2. Susi Pudjiastuti – Susi Air

Bekas Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memang dikenali sebagai figur wanita yang nyleneh. Tetapi dibalik itu, perjalanan keberhasilan Susi memang pantas dapat acungan jempol.

Tidak cuman menekuni di dunia politik, wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 ini sebagai seorang pebisnis sukses di bidang perikanan. Bahkan juga, Susi mempunyai usaha maskapal penerbangan yang dinamakan Susi Air.

Awalannya, pesawat itu diperuntukkan untuk memudahkan proses pengangkutan usaha ikan yang dipunyai. Tetapi, seiring waktu berjalan pesawat terbang punya Susi dapat dipakai untuk mengusung penumpang dengan kemampuan 12 orang dan dua crew.

Untuk usaha konsentrasi memulai usaha, Susi bahkan juga memilih untuk tidak meneruskan pengajarannya. Sayang, usahanya sempat tidak berjalan lancar. Dia bahkan juga sempat ajukan utang di bank karena alami permasalahan dana.

Tetapi, karena kegigihan dan tidak patah semangat, sekarang Susi sukses mempunyai kerajaan usaha yang membuat kaya raya.

3. Sudono Salim – Salim Grup (BCA, Indofood, Bogasari)

Cerita pebisnis sukses yang lain yang juga menginspirasi ialah Sudono Salim pemilik perusahaan besar di Indonesia yakni Indofood.

Pemilik nama asli Liem Sioe Liong datang dari negeri Tiongkok yang memulai usahanya dengan ke Indonesia persisnya di Surabaya karena terjadi perselisihan di negeri aslinya. Pahitnya, awal mula di Indonesia dia harus hidup sebagai gelandangan sepanjang sekian hari.

Untuk bisa bertahan hidup, Sudono Salim selanjutnya jual cengkih sampai sukses terjual ke beberapa pulau lain di Indonesia seperti Sulawesi dan Sumatera. Sayang, usahanya harus stop saat Indonesia dijajah Jepang.

Walau demikian, dia tidak berserah. Pebisnis yang wafat pada 10 Juni 2012 lalu itu mulai membangun usahanya kembali pada awal zaman Indonesia merdeka di dunia perbankan yakni Central Bank Asia yang sekarang dikenali dengan BCA atau Bank Central Asia.

Tidak stop sampai disana, Sudono Salim mengembangkan sayap usahanya ke industri pangan namanya PT Bogasari dan produksi makanan dari olahan tepung terigu yakni Indofood.

Seiring berjalannya waktu, usahanya makin mengalami perkembangan sampai memasuki ke bidang lain seperti Indosiar, Indomobil, Indosiar, Indomaret dan lain-lain.

4. Chairul Tanjung – CT Corp

Siapakah yang tidak mengenal dengan pebisnis sukses Chairul Tanjung pendiri CT Corp yang memayungi beberapa perusahaan besar seperti Trans Corp, Bank Mega, jaringan supermarket dan yang lain.

Walau sekarang dia hidup benar-benar berkecukupan tetapi siapa kira jika pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 ini rupanya sempat hidup sulit.

Selainnya tinggal di kamar losmen yang sempit dengan keluarganya, CT harus juga jualan buku kuliah sampai foto copy untuk mengongkosi kuliahnya.

Ayah dari Putri Tanjung ini sempat juga membangun toko perlengkapan kedokteran dan laboratorium, usaha kontraktor sampai rotan. Sayang, usaha yang dia rintis tidak berjalan lancar, bahkan juga CT harus berulang-kali alami kemunduran.

Walau demikian, berserah tidak sempat ada di kamus seorang Chairul Tanjung. Karakternya yang suka membuat rekanan membuat CT sukses menjadi satu diantara orang paling kaya di Indonesia dengan keseluruhan kekayaan capai US$ 4,5 miliar atau Rp 65,4 triliun.

5. Ciputra – Ciputra Grup

Ciputra yang mempunyai nama asli Tjie Tjin Hoan sebagai pebisnis sukses yang kuasai beberapa property di Indonesia yakni Jaya Grup, Metropolitan Grup, dan Ciputra Grup.

Tetapi, perjalanan usaha Ciputra pasti tidak gampang. Apa lagi dia harus alami perjuangan hidup yang paling berat semenjak kecil. Dia harus menolong ibunya jualan kue karena si ayah diamankan oleh pasukan membawa senjata tidak dikenali karena didakwa sebagai mata-mata Belanda.

Tetapi karena kegigihan dan semangat juangnya, Ciputra sukses tempuh pengajaran di Institut Tehnologi Bandung jalur arsitektur dan memulai meniti usahanya sendiri sampai terciptalah Ciputra Grup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *